Terus terang, ada rasa jenuh yang sangat ketika kita selama bertahun-tahun dagang alias berbisnis lewat internet.....apalagi itu dilakukan oleh Anda sendiri tanpa bantuan orang lain. Yang harus disadari adalah kita ini berhubungan dengan tehnologi yang perkembangannya sangat cepat. Kita harus mampu untuk ikut perubahan itu sendiri....tanpa itu kita dilibas habis oleh perubahan yang ganas! 

Dulu jaman kita kecil, kita nonton film yang mempertunjukkan bagaimana masa depan akan dikuasai oleh robot alias mesin.....kita dijajah oleh robot! Ngeri saya kalau inget pernah lihat film itu. Mereka yang bertubuh mesin itu memerintah manusia tanpa perasaan! Kita dibantai habis bila kita melawan makhluk manusia tanpa senyum itu! Waktu tidur pun....bayangan masa depan yang ngeri itu membuat saya kecil sering bangun malam2 hanya untuk merenung ketakutan.....bilakah masa itu datang??

Dan saat yang saya khawatirkan itu akhirnya datang jugak! Cuma film itu salah dalam penggambaran, padahal robot yang sesungguhnya bukan lah hanya wujud fisik manusia, tapi bisa berupa pikiran atau kecerdasan manusia! Tapi tak kalah sadisnya robot kecerdasan ini. Contoh lah YouTube....hampir semua hal mengenai Algoritmanya diatur oleh kecerrdasan robot tersebut. Bermain YouTube berarti kita berhadapan dengan penilaian mesin atas prestasi video kita. Banyak yang bingung caranya....bahkan putus asa kemudian pergi meninggalkan profesinya sebagai YouTuber. Bahkan seorang YouTuber besar yang sudah lama merintis karier, terpaksa harus lari pontang panting karena babatan pedang robot Algoritma YouTube yang tanpa perasaan tersebut. 

Saya yang sejak dulu ngandalin Facebook dan Blog dalam berbisinis pun mengatisipasi perubahan yang dahsyat ini denga jadi YouTuber jugak. Sedikit terpaksa tapi harus! Saya terus terang termehek2 di awal. Saya mencoba belajar ke teman yang sudah lebih dulu bermain YouTube.......sayang beberapa teman menutup diri, entah takut bersaing dengan saya atau memang bajingan pelit...wkkwkkk
Terpaksa saya harus terseok seok memahami algoritma YouTube ini, padahal dia sang robot ini nggak memahami saya...hehhee. Trus apa manfaatnya berteman ya kalau mereka begitu pelitnya......wong ilmu tentang robot kok disembunyikan!!

Untungnya sebagai Blogger saya mencoba dengan cara saya dulu menaklukkan robot blog.....sedikit berhasil untuk bisnisnya. Namun sebagai blogger yang yang ngejar subscribe, maka saya agak kalah atau lamban karena dinilai robot itu sebagai terlalu hardselling. Ah yo ben....namanya juga belajar perang!
Saya melakukan banyak sekali perubahan....apalagi menjelang akhir tahun ini, sekali lagi robot YouTube 2020 secara sadis kurang memperhitungkan lagi peranan teks di deskripsi video. Saya pun agak jungkir balik.......saya cuma membayangkan, seandainya teman saya nggak pelit mungkin saya nggak babak belur gini...wkkwkkk. Itu lah artinya teman, hidup yang singkat ini tanpa bantuan orang lain.....kayaknya mustahil kita bisa sukses! Terlalu banyak yang perlu dipahami dan terlalu banyak persaingan, sedangkan waktu sangat terbatas!! Ayo bantu teman kita.....kasihan bro!

Untungnya saya cepat bangkit dan sekali lagi saya menemukan banyak cara! Pingin saya berbagi bersama teman lain.....sebetulnya...wkkkwkk
Untungnya banyak teman jugak yang baru mulai merangkak jadi YouTuber.....kayaknya ilmu ini cucok untuk mereka!

Yang penting dalam berbisis atau dagang di internet Anda harus mampu mengatasi kejenuhan menghadapi robot ganas tadi......paham! Haram dalam Islam berputus asa itu! Ayo bangkit! Babak belur itu wajar...wong bisnis sekarang mirip perang. Sadari bahwa Anda berdagang di internet itu mirip banget dengan mancing ikan. Anda nggak tahu ikannya, tapi Anda sedikit tahu....tahu ada tidak ikan di sungai itu. Lempar lah umpan yang sesuai dan disukai ikan di sungai tersebut. Kelebihan dari internet.....Anda nggak perlu nunggu pancing Anda. Tinggal dan tebar umpan di sungai yang lain. Namun ini dilakukan dengan sangat cepat karena Anda dikejar oleh kebutuhan hidup Anda.....ya makan, listrik, pulsa, dan lain lin. Cepat lah bertindak...cepat!! Pesaing sangat sulit memonitor gerakan Anda. Anda ada dimana2.


Terkadang Anda boncos....tapi kan tidak semua. Ayo tebar umpan di lain tempat yang beda robotnya....wkkwkkk
Salam semangat!