Trima kasih atas ucapan dan doa dari temen2 untuk harlah saya kmarin yg istimewa karna bertepatan hari pertama puasa.....
ngirit.com....hehhhee.....namun ternyata kalo saya perhatikan dri tahun ke tahun untuk ucapan aja temen2 juga lebih ngirit lagi kok dari mulai: happy birthday....trus happy b'day.....happy bd....jdi hbd.....dan tahun ini ada yg tinggal hb aja.....moga2 aja tahun depan jangan diirit lagi jadi h aja y....xiiixii.
Dan saat hari itu tiba, biasanya saya buka album foto2 lama.....termasuk foto penampakan ini. Foto dahsyat yg berpengaruh besar dlm hidup saya. Foto ini diambil lebih dri 20 tahun yg lalu (saat ditulis artikel ini tanggal 22 Juli 2012) di sebuah kantor Afdeling kebun PTPN 9 terpencil saat akhir magang bersama teman2 kuliah (Bagus Bagus Trianggorodan Hendi Hermawan) yg mesti buru2 pindah magang ke Astra Agro dimana kami dah ditrima bekerja. Saya tertegun saat pertama melihat penampakan ini, waktu itu jelas sekali (smakin tahun smakin kabur seperti ucapan slamat tdi).
Teka-teki itu terjawab beberapa hari kemudian, saat kami bener2 pamit. Kepala Afdeling marah besar!
"Saya yakin dan tak meragukan kemampuan kalian dalam segi tekhnis perkebunan, namun kalian teryata bener2 tidak paham dan menghormati wanita"
Kami kaget dan spontan protes:
"Maaf, pak. Sepertinya kami tidak pernah melecehkan anak buah bapak apalagi wanita slama 2 bulan di sini!???"
"Kalian mungkin merasa tidak pernah melecehkan mereka, tapi tindakan kalian berfoto di kantor saya tanpa mengajak sekertaris dan admin saya yg cantik itu jlas lebih dri melecehkan mereka, tahu! Keduanya terang2an bilang tersinggung"
Kami terdiam tidak tahu harus menjawab apa. Kami pikir, program magang yg biasanya diselesaikan dlm waktu 5-6 bulan dipersingkat membuat kami pontang panting tidak melihat sisi manusiawinya. Ah....
Beliau melanjutkan:
"Akibatnya saya yg mesti menanggung kesalahan kalian!...Saya mesti keluar uang besar untk beli kamera terbaru dan perlengkapannya yg mahal2. Namun Alhamdulillah, semua itu terbayar sudah, karna keduanya jdi tidak ngambek lagi sekarang"
Ini tamparan keras bagi saya pribadi, membuat saya sadar sepenuhnya akan arti menghormati wanita. Saya jadi tahu kenapa timbul penampakan di foto itui. Ini rahasia besar, bahwa wanita slalu ingin diperhatkan keberadaannya, yg jlas sejak saat itu pun bibit2 gaya dagang merayu saya pun mulai tumbuh bersemi (Konsep Venus Marketing)...hehhee......