Saya sering ngajak anak-anak saya jalan-jalan.....mungkin itu membuang waktu yang berharga, tapi saya berharap anak-anak saya lebih cepat mengenal dirinya dibanding saya! Saya dulu mesti harus baca ribuan buku dan ratusan kali dihantam cobaan derita baru paham siapa diri kita sesungguhnya!
Mungkin kita pernah mendengar dan tahu tentang hadist Rasulullah SAW “Man arafa nafsahu, arafa robbahu” artinya: “Siapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal Tuhannya”
Itu penting banget......yang pada akhirnya membuat mereka lebih takut pada Tuhannya!
Misal saya akan mengajari cara mencari tempat parkir, saya bilang sama mereka sebelum berangkat mereka harus berdo'a dulu, supaya Tuhan memberi kita tempat parkir. Dan di sepanjang jalan kami akan membayangkan tempat kosong yang memang sudah disediakan untuk kita. Atau kami akan teriak2: kosong, kosong!!! Berulang-ulang.
Dan sampai sekarang mereka masih terheran-heran dengan cara simpel itu; kenapa selalu ada tempat parkir untuk mobil kita ya??! Heeehee.....

Dan di kala mereka tidur saya akan bercerita tentang kedatangan pesawat UFO yang canggih banget, tehnologi mereka begitu dahsyatnya. Ibaratnya kita sudah ketinggalan ratusan tahun. Kita tak ada apa-apanya dibanding mereka. Namun mereka selalu kaget dan ketakutan ketika mereka menculik manusia salah satu di antara kita. Selalu saja cerita-cerita UFO isinya menculik manusia dan makhluk lainnya kan? Karena di pustaka mereka hanya itu yang membuat mereka terheran-heran. Di laboraturium pesawat itu, mereka tertegun pada kecangihan dan kerumitan otak makhluk yang mereka anggap makhluk kuno itu. Bagaimana mungkin di dalam batok kepala manusia yang kecil itu ada Milyaran instrumen yang saling terhubung, dan bila kabel penghubung itu dibentangkan maka akan tercipta panjang yang ribuan kilo meter. Bagaimana mungkin itu ada di benda kecil ini? Para alien pun muntah?!! Mereka ngrasa kalah sangat jauh tehnologinya dengan sang pencipta manusia ini? Mereka pun lari terbirit-birit dan membuang manusia culikannya itu begitu saja. Nah, kita yang menganggap komputer sangat canggih ternyata tak ada apa-apanya dibanding otak manusia. Paham kan sekarang, betapa kamu adalah makhluk mutahir yang diciptakan Tuhan! Lebih penting dari semua itu ingat lah, nak: JANGAN GUNAKAN OTAKMU YANG DAHSYAT ITU HANYA MENCATAT KENANGAN MASA LALU SAJA (TERKADANG BIKIN SESAL), TAPI KENANGLAH MASA DEPANMU JUGA ...BERUPA RANCANGAN HIDUPMU. DAN ITU TAK PERNAH MELESET, NAK! Kamu bukanlah cuma kamu pemilik sesungguhnya, namun kamu juga adalah makhluk ciptaan-Nya. Jadi jika ada orang yang menghina dan meremehkanmu...jangan kamu ikut-ikutan meremehkan dirimu sendiri. Kamu jadi rendah diri, jangan nak! Mereka yang menghinamu tak tahu siapa sesungguhnya dirimu yang sebenarnya! Mereka ibaratnya hanya manusia sombong yang tak tahu siapa Tuhan mereka!
Hargai lah dirimu stinggi-tingginya.....maka kau akan mengenal dirimu dan Tuhanmu!
Anak saya biasanya terus tertidur dengan senyumnya, setelah mendengan cerita yang berulang-ulang terus itu! Ya Allah lindungilah kehidupan anak-anakku sampai akhir hidupnya dalam keadaan selalu iman Islam! Aaaamiiin.