Dulu waktu kuliah saya sering grogi kalau pas ujian.....lihat teman2 yang sok banget minta kertas folio lagi. Bagaimana nggak grogi cobak? Wong saya satu lembar folio aja belum penuh....hhehhee. Terkadang ada rasa gondok, lah...mereka itu jawab soal apa NGARANG sih??
Saya yakin itu bukan karena saya nggak bisa jawab soal ujian.....karena saya yakin banget bisa, namun kayaknya lebih disebabkan gaya penulisan saya yang lambat. Akhirnya saya pun banyak tanya ke temen2 yang sok tadi....wkkwkkk. 
Soalnya terus terang nilai mereka bikin ngiri saya....
Dari jawaban-jawaban mereka saya dapat kesimpulan yang akan jadi materi postingan saya ini. Bahwa untuk soal-soal yang butuh uraian panjang mereka selalu menulis dulu satu paragraf baik sebagai pengantar, ringkasan jawaban, atau pemancing jawaban selanjutnya. Meski mereka nggak bisa jawab, dan dirasa sulit soalnya....mereka selalu menjawab dengan satu paragraf itu dulu dan kemudian ditinggal. Dan lucu bin ajaibnya......begitu balik ke soal itu lagi mereka seperti mampu menjawab soal yang dirasa sulit tadi.
Nah, demikian pula menulis. Menulis itu seperti menjawab soal yang sulit bagi penulis: APA YANG MAU SAYA TULIS? Lemes deh kita kalau udah gitu. Kita pun bukan berkali-kali gagal aja menulis, tetapi BERJUTA_JUTA kali gagal menulis. Cobalah pakai cara temen2 sok saya.....tulis aja sembarangan 1 paragraf saja. Dan bukan ajaib sebenarnya lo.....tapi Anda sudah memunculkan makhluk ajaib bernama PARAGRAF. Dan si paragraf ini akan ngajak teman2nya, atau beranak pinak banyak banget.
Jadi 1 paragraf pun coba Anda pantengin dulu, atau ditinggal dulu kalau Anda masih tegang! Trus tulis lagi satu paragraf.....dan percaya saya, ketika paragraf kedua ini yambung dengan paragraf 1 maka terjadilah penambahan atau bahkan perkalian yang menyebabkan rentetan paragraf lain muncul begitu saja. Kayak makhuk alien yang makin banyak dan banyak, membludak. Makanya saya sering NGERI kalau nulis malem-malem.....seperti malam ini pas malem gerhana bulan gini....soalnya trus nggak bisa tidur......bisa SAMPEK PAGI . ..rasanya paragraf-paragraf itu bermunculan terus dari tangan saya....beranak pinak TAK MAU BERHENTI. Oh....dan kalau sudah menghantui kayak gini maka saya pun berteriak keras: "TOLOOONNG!!!!" Untung, istri saya langsung keluar dan menarik tangan saya mesra, "Ayo, mas!!" (Maaf efek gerhana bulan, bro!). Dan tulisan ini pun baru siang ini juga saya posting......dan itu gara-gara 1 paragraf tadi. Paham???? Halaahh.....😀😀😀😜